Program mobile edukasi merupakan salah satu model
pembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh BPMP. Keunikan dari model ini
adalah menggunakan alat (device) handphone, dimana sudah cukup banyak
masyarakat menggunakan atau memanfaatkannya sebagai alat komunikasi. Namun BPMP
mencoba untuk memanfaatkan handphone sebagai alat untuk belajar bagi siswa,
guru maupun masyarakat secara umum.
Untuk mempopulerkan program mobile learning yang
dikembangkan oleh BPMP, maka BPMP mengajak masyarakat khususnya siswa dan guru
untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia dalam bentuk kegiatan
lomba pembuatan mobile learning untuk dua kategori, yakni kategori umum dan
pelajar.
Lomba Mobile Edukasi 2014 bertujuan untuk:
Memotivasi masyarakat untuk mengembangkan bahan
belajar interaktif melalui perangkat mobile/handphone.
Memotivasi siswa sekolah akan pentingnya bahan ajar
/media pembelajaran berbasis TIK sebagai penunjang proses pembelajaran,
khususnya mobile edukasi.
Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan
kreatif bagi seluruh siswa sekolah melalui bahan ajar/media pembelajaran
berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
Memperkaya konten pendidikan di internet.
S A S A R A N
Sasaran dalam kegiatan ini adalah pengembang mobile
learning baik siswa, guru maupun khalayak umum.
Selain itu produk hasil lomba dapat dimanfaatkan
oleh seluruh insan pendidikan dari seluruh jenjang.
Target yang hendak di raih adalah 75 produk mobile
learning terupload ke http://m-edukasi.kemdikbud.go.id
Waktu dan Tempat
Dilaksanakan pada 1 April 2014 sampai 1 September
2014 secara online.
Rincian Kegiatan
Setelah kegiatan sosialisasi selesai, dilanjutkan
dengan penentuan waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta. Waktu
pengiriman hasil karya lomba bagi peserta ditentukan selama 5 bulan. Total
karya yang ikut dalam lomba mobile edukasi 2014 ini diharapkan lebih dari 240
karya.
Pendaftaran dan pengumpulan karya yang bertujuan
untuk menjaring karya peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Pendaftaran
dilakukan secara online, jadi calon peserta lomba agar dapat mendaftar
diwajibkan mengunjungi web resmi lomba di
http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba.
Langkah-langkah Pendaftaran
Kunjungi web http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba
Daftar menjadi member web
Nama user peserta adalah alamat email yang
dimasukkan
Dengan menjadi member peserta bisa memperbaiki/melengkapi
biodata dan mengupload/merefisi karya yang di ajukan.
Persyaratan Peserta :
Lomba dibagi menjadi tiga kategori yaitu :
Kategori Pelajar : SMP, SMA/SMK atau sederajat
(saat grandfinal masih berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti yang syah)
Kategori Guru : guru segala jenjang (saat
grandfinal masih berstatus guru dengan menunjukkan surat keterangan dari kepala
sekolah).
Kategori Umum : mahasiswa atau masyarakat umum.
Karakteristik Peserta
Bersifat perorangan
Bersifat kelompok maksimal 3 orang (panitia hanya
menanggung biaya akomodasi hanya 1 orang saat presentasi di babak final)
Persyaratan Karya :
Karya berupa program Aplikasi Handphone untuk
Pembelajaran Mandiri
Karya adalah original dalam ide dan kreasi yang
dapat dibuktikan dalam penjurian.
Aplikasi boleh dikembangkan dengan platform apa
saja (Misal : flash, flashlite, java, android atau apapun software
pengembangnya)
Didalam program mencantumkan tema (judul), mata
pelajaran, jenjang dan nama/identitas anda.
Tema bebas tetapi tidak boleh sama dengan yang
pernah di sajikan dalam m-edukasi.kemdikbud.go.id (lihat
daftar)
Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang
baik dan benar , kecuali mata pelajaran bahasa asing.
Peserta yang masuk final 15 besar per kategori,
menyertakan SourceCode atau ReSource saat presentasi di Grandfinal.
Karya yang dilombakan belum pernah dipublikasikan
dan/atau menjadi juara di tingkat nasional.
Syarat utama karya adalah "Karya berupa
aplikasi/konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone/tablet".
Ketentuan Umum
Peserta yang layak mengikuti adalah Warga Negara
Indonesia (WNI).
Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon
peserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah
ditetapkan.
Keputusan panitia dan juri tidak dapat diganggu
gugat.
Peserta diwajibkan aktif mengikuti berita/informasi
dari panitia lomba melalui website, email dan media sosial resmi lomba.
Panitia tidak menerima komplain keterlambatan dikarenakan
peserta tidak mengikuti berita/informasi dari panitia lomba.
Karya lomba yang diikutsertakan bersedia untuk
diupload di web resmi Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan
http://m-edukasi.kemdikbud.go.id agar dapat dimanfaatkan oleh seluruh insan
pendidikan.
Seleksi Nominasi
Waktu dan Tempat
Dilaksanakan pada 22 - 26 September 2014 di Kantor
BPMP.
Rincian Kegiatan
Seluruh karya lomba yang masuk akan diseleksi
sehingga menghasilkan 75 program (25 program kategori Guru, 25 program kategori
Umum, 25 program kategori siswa) yang layak untuk dijadikan konten pembelajaran
yang akan didiseminasikan di website http://m-edukasi.kemdikbud.go.id .
Pada kegiatan ini pula 75 program yang akan di
upload di pilih kembali menjadi 45 program (15 program kategori Guru, 15
program kategori Umum dan 15 program kategori siswa) untuk masuk ke babak
final. Rencana kegiatan akan dilaksanakan selama 5 hari di dalam kantor BPMP
dan dilakukan oleh pegawai BPMP.
Dalam tahap ini seluruh karya di lihat, di coba dan
di nilai oleh para petugas seleksi dengan cara mencobanya langsung ke device
mobile. Setelah itu petugas seleksi akan melakukan sidang pleno untuk
menentukan karya-karya yang terpilih untuk babak berikutnya. 45 finalis akan di
panggil untuk mengikuti babak penjurian dengan aspek penilaian lebih detail.
Langkah-langkah Seleksi
Petugas Seleksi dibagi menjadi beberapa tim, setiap
tim terdiri dari beberapa orang yang memiliki keahlia yang berbeda beda.
Petugas Seleksi menginstall, mencoba dan menilai
karya peserta langsung mengunakan tablet/handphone, tidak mengunakan emulator.
Seluruh Tim Seleksi melakukan sidang pleno untuk
menentukan karya yang masuk 25 besar dan 15 besar per kategori.
Aspek Penilaian
Kelancaran program atau tidak adanya
error/kesalahan program.
Kemudahan pengoperasian.
Kelayakan ukuran file sebagai apllikasi mobile.
Kelayakan materi.
Kemudahan pemahaman dalam penyampaian materi.
Kelengkapan komponen menu.
Kelancaran tampilan Media.
Keselarasan icon dengan fungsi.
Kemenarikan tampilan secara menyeluruh.
Waktu Pelaksanaan
Dilaksanakan pada Oktober 2014
Waktu Pelaksanaan
Tahapan utama dari kegiatan lomba pembuatan mobile
learning adalah penjurian hasil lomba atau Grandfinal untuk menentukan juara
lomba. Di kegiatan ini 45 nominator/program yang terseleksi (15 karya kategori
Guru, 15 karya kategori umum dan 15 karya kategori pelajar) akan
dipresentasikan oleh masing-masing peserta dihadapan dewan juri diberikan
penilaian yang lebih detail dari aspek-aspek pendukungnya. Dari penilaian juri
akan mendapatkan juara 1, 2 dan 3 untuk masing masing kategori. Rencana kegiatan
akan dilaksanakan selama 5 hari di luar kota Semarang.
Dalam acara ini peserta mempresentasikan dengan
mendemokan karya langsung mengunakan device mobile di hadapan para Juri. Jadi
juara lomba ini tidak hanya dinilai dari karya saja tetapi juga di nilai unsur-unsur
lain yang terkait dengan aplikasi mobile learning yang dibuat.
Langkah Penjurian
Peserta dikelompokkan ke dalam kategorinya
masing-masing.
Peserta di undi untuk menentukan nomer tampil.
Peserta tampil untuk mendemokan karyanya langsung
di device mobile tidak mengunakan komputer sama sekali.
Peserta menjawab pertanyaan yang diajukan juri.
Setiap kategori tampil pada 1 hari yang telah
ditentukan.
Setelah semua peserta dari semua kategori sudah
tampil, juri melakukan sidang untuk menentukan juara pada masing-masing
kategori.
Pengumuman juara pada acara penutupan Grandfinal
Lomba.
Aspek Penilaian
Aspek Original
Aspek Pembelajaran
Aspek Desain Komunikasi Visual
Aspek Materi
Hasil Penilaian Masing-masing Kategori
Juara 1
Juara 2
Juara 3
Dewan Juri
Pakar/praktisi pendidikan
Pakar/praktisi teknologi pendidikan
Pakar/praktisi teknologi informasi
Pakar/praktisi ilmu komunikasi
Hadiah untuk Pemenang Kategori Pelajar
Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah,
Total Rp. 10.000.000,-
Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah,
Total Rp. 7.500.000,-
Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah,
Total Rp. 5.000.000,-
Terbaik 4-25 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah,
Total Rp. 2.000.000,-
Hadiah untuk Pemenang Kategori Guru
Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah,
Total Rp. 12.500.000,-
Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah,
Total Rp. 10.000.000,-
Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah,
Total Rp. 7.500.000,-
Terbaik 4-25 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah,
Total Rp. 2.500.000,-
Hadiah untuk Pemenang Kategori Umum
Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah,
Total Rp. 12.500.000,-
Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah,
Total Rp. 10.000.000,-
Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah,
Total Rp. 7.500.000,-
Terbaik 4-25 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah,
Total Rp. 2.500.000,-
25 karya terbaik (selain juara) dari masing masing
kategori akan mendapatkan sertifikat, merchandise dan uang pembinaan
PERINGATAN TENTANG PENIPUAN
Dalam melaksanakan Lomba Mobile Edukasi 2014,
panitia tidak memungut biaya apapun kepada peserta. Bila ada pihak-pihak yang
mengambil kesempatan ini untuk mencari keuntungan pribadi maka pungutan itu
adalah MODUS PENIPUAN dan bukan dari panitia.
- See more at:
http://publik22.blogspot.com/2014/04/lomba-mobile-edukasi-2014.html#sthash.8NO1a0TC.dpuf