LOMBA MOBILE EDUKASI 2014

Program mobile edukasi merupakan salah satu model pembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh BPMP. Keunikan dari model ini adalah menggunakan alat (device) handphone, dimana sudah cukup banyak masyarakat menggunakan atau memanfaatkannya sebagai alat komunikasi. Namun BPMP mencoba untuk memanfaatkan handphone sebagai alat untuk belajar bagi siswa, guru maupun masyarakat secara umum.
Untuk mempopulerkan program mobile learning yang dikembangkan oleh BPMP, maka BPMP mengajak masyarakat khususnya siswa dan guru untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia dalam bentuk kegiatan lomba pembuatan mobile learning untuk dua kategori, yakni kategori umum dan pelajar.
T U J U A N
Lomba Mobile Edukasi 2014 bertujuan untuk:
Memotivasi masyarakat untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat mobile/handphone.
Memotivasi siswa sekolah akan pentingnya bahan ajar /media pembelajaran berbasis TIK sebagai penunjang proses pembelajaran, khususnya mobile edukasi.
Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolah melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
Memperkaya konten pendidikan di internet.
S A S A R A N
Sasaran dalam kegiatan ini adalah pengembang mobile learning baik siswa, guru maupun khalayak umum.
Selain itu produk hasil lomba dapat dimanfaatkan oleh seluruh insan pendidikan dari seluruh jenjang.
Target yang hendak di raih adalah 75 produk mobile learning terupload ke http://m-edukasi.kemdikbud.go.id

Waktu dan Tempat
Dilaksanakan pada 1 April 2014 sampai 1 September 2014 secara online.
Rincian Kegiatan
Setelah kegiatan sosialisasi selesai, dilanjutkan dengan penentuan waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta. Waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta ditentukan selama 5 bulan. Total karya yang ikut dalam lomba mobile edukasi 2014 ini diharapkan lebih dari 240 karya.
Pendaftaran dan pengumpulan karya yang bertujuan untuk menjaring karya peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online, jadi calon peserta lomba agar dapat mendaftar diwajibkan mengunjungi web resmi lomba di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba.
Langkah-langkah Pendaftaran
Kunjungi web http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba
Daftar menjadi member web
Nama user peserta adalah alamat email yang dimasukkan
Dengan menjadi member peserta bisa memperbaiki/melengkapi biodata dan mengupload/merefisi karya yang di ajukan.
Persyaratan Peserta :
Lomba dibagi menjadi tiga kategori yaitu :
Kategori Pelajar : SMP, SMA/SMK atau sederajat (saat grandfinal masih berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti yang syah)
Kategori Guru : guru segala jenjang (saat grandfinal masih berstatus guru dengan menunjukkan surat keterangan dari kepala sekolah).
Kategori Umum : mahasiswa atau masyarakat umum.
Karakteristik Peserta
Bersifat perorangan
Bersifat kelompok maksimal 3 orang (panitia hanya menanggung biaya akomodasi hanya 1 orang saat presentasi di babak final)
Persyaratan Karya :
Karya berupa program Aplikasi Handphone untuk Pembelajaran Mandiri
Karya adalah original dalam ide dan kreasi yang dapat dibuktikan dalam penjurian.
Aplikasi boleh dikembangkan dengan platform apa saja (Misal : flash, flashlite, java, android atau apapun software pengembangnya)
Didalam program mencantumkan tema (judul), mata pelajaran, jenjang dan nama/identitas anda.
Tema bebas tetapi tidak boleh sama dengan yang pernah di sajikan dalam m-edukasi.kemdikbud.go.id (lihat daftar)
Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar , kecuali mata pelajaran bahasa asing.
Peserta yang masuk final 15 besar per kategori, menyertakan SourceCode atau ReSource saat presentasi di Grandfinal.
Karya yang dilombakan belum pernah dipublikasikan dan/atau menjadi juara di tingkat nasional.
Syarat utama karya adalah "Karya berupa aplikasi/konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone/tablet".
Ketentuan Umum
Peserta yang layak mengikuti adalah Warga Negara Indonesia (WNI).
Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon peserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
Keputusan panitia dan juri tidak dapat diganggu gugat.
Peserta diwajibkan aktif mengikuti berita/informasi dari panitia lomba melalui website, email dan media sosial resmi lomba.
Panitia tidak menerima komplain keterlambatan dikarenakan peserta tidak mengikuti berita/informasi dari panitia lomba.
Karya lomba yang diikutsertakan bersedia untuk diupload di web resmi Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan http://m-edukasi.kemdikbud.go.id agar dapat dimanfaatkan oleh seluruh insan pendidikan.
Seleksi Nominasi
Waktu dan Tempat
Dilaksanakan pada 22 - 26 September 2014 di Kantor BPMP.
Rincian Kegiatan
Seluruh karya lomba yang masuk akan diseleksi sehingga menghasilkan 75 program (25 program kategori Guru, 25 program kategori Umum, 25 program kategori siswa) yang layak untuk dijadikan konten pembelajaran yang akan didiseminasikan di website http://m-edukasi.kemdikbud.go.id .
Pada kegiatan ini pula 75 program yang akan di upload di pilih kembali menjadi 45 program (15 program kategori Guru, 15 program kategori Umum dan 15 program kategori siswa) untuk masuk ke babak final. Rencana kegiatan akan dilaksanakan selama 5 hari di dalam kantor BPMP dan dilakukan oleh pegawai BPMP.
Dalam tahap ini seluruh karya di lihat, di coba dan di nilai oleh para petugas seleksi dengan cara mencobanya langsung ke device mobile. Setelah itu petugas seleksi akan melakukan sidang pleno untuk menentukan karya-karya yang terpilih untuk babak berikutnya. 45 finalis akan di panggil untuk mengikuti babak penjurian dengan aspek penilaian lebih detail.
Langkah-langkah Seleksi
Petugas Seleksi dibagi menjadi beberapa tim, setiap tim terdiri dari beberapa orang yang memiliki keahlia yang berbeda beda.
Petugas Seleksi menginstall, mencoba dan menilai karya peserta langsung mengunakan tablet/handphone, tidak mengunakan emulator.
Seluruh Tim Seleksi melakukan sidang pleno untuk menentukan karya yang masuk 25 besar dan 15 besar per kategori.
Aspek Penilaian
Kelancaran program atau tidak adanya error/kesalahan program.
Kemudahan pengoperasian.
Kelayakan ukuran file sebagai apllikasi mobile.
Kelayakan materi.
Kemudahan pemahaman dalam penyampaian materi.
Kelengkapan komponen menu.
Kelancaran tampilan Media.
Keselarasan icon dengan fungsi.
Kemenarikan tampilan secara menyeluruh.
Waktu Pelaksanaan
Dilaksanakan pada Oktober 2014
Waktu Pelaksanaan
Tahapan utama dari kegiatan lomba pembuatan mobile learning adalah penjurian hasil lomba atau Grandfinal untuk menentukan juara lomba. Di kegiatan ini 45 nominator/program yang terseleksi (15 karya kategori Guru, 15 karya kategori umum dan 15 karya kategori pelajar) akan dipresentasikan oleh masing-masing peserta dihadapan dewan juri diberikan penilaian yang lebih detail dari aspek-aspek pendukungnya. Dari penilaian juri akan mendapatkan juara 1, 2 dan 3 untuk masing masing kategori. Rencana kegiatan akan dilaksanakan selama 5 hari di luar kota Semarang.
Dalam acara ini peserta mempresentasikan dengan mendemokan karya langsung mengunakan device mobile di hadapan para Juri. Jadi juara lomba ini tidak hanya dinilai dari karya saja tetapi juga di nilai unsur-unsur lain yang terkait dengan aplikasi mobile learning yang dibuat.
Langkah Penjurian
Peserta dikelompokkan ke dalam kategorinya masing-masing.
Peserta di undi untuk menentukan nomer tampil.
Peserta tampil untuk mendemokan karyanya langsung di device mobile tidak mengunakan komputer sama sekali.
Peserta menjawab pertanyaan yang diajukan juri.
Setiap kategori tampil pada 1 hari yang telah ditentukan.
Setelah semua peserta dari semua kategori sudah tampil, juri melakukan sidang untuk menentukan juara pada masing-masing kategori.
Pengumuman juara pada acara penutupan Grandfinal Lomba.
Aspek Penilaian
Aspek Original
Aspek Pembelajaran
Aspek Desain Komunikasi Visual
Aspek Materi
Hasil Penilaian Masing-masing Kategori
Juara 1
Juara 2
Juara 3
Dewan Juri
Pakar/praktisi pendidikan
Pakar/praktisi teknologi pendidikan
Pakar/praktisi teknologi informasi
Pakar/praktisi ilmu komunikasi

Hadiah untuk Pemenang Kategori Pelajar
Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 7.500.000,-
Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 5.000.000,-
Terbaik 4-25 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 2.000.000,-
Hadiah untuk Pemenang Kategori Guru
Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.500.000,-
Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 7.500.000,-
Terbaik 4-25 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
Hadiah untuk Pemenang Kategori Umum
Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.500.000,-
Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 7.500.000,-
Terbaik 4-25 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
25 karya terbaik (selain juara) dari masing masing kategori akan mendapatkan sertifikat, merchandise dan uang pembinaan

PERINGATAN TENTANG PENIPUAN
Dalam melaksanakan Lomba Mobile Edukasi 2014, panitia tidak memungut biaya apapun kepada peserta. Bila ada pihak-pihak yang mengambil kesempatan ini untuk mencari keuntungan pribadi maka pungutan itu adalah MODUS PENIPUAN dan bukan dari panitia.

- See more at: http://publik22.blogspot.com/2014/04/lomba-mobile-edukasi-2014.html#sthash.8NO1a0TC.dpuf

*

إرسال تعليق (0)
أحدث أقدم