PEDOMAN LOMBA INOBEL GURU SMP TAHUN 2016

Guru sebagai pendidik dan pengajar mengemban tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik termasuk peserta didik di sekolah menengah pertama (SMP). Agar guru SMP dapat melaksanakan tugasnya secara optimum, maka guru SMP wajib melakukan inovasi pembelajaran dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang berdampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional. Upaya peningkatan mutu pendidikan di SMP dapat dilaksanakan melalui berbagai cara. Salah satu di antaranya yaitu melalui lomba inovasi pembelajaran (Inobel) bagi guru SMP.

Pelaksanaan lomba inovasi pembelajaran (Inobel) bagi guru SMP  tersebut merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru SMP, baik dalam hal pendekatan, model, metode, strategi, dan media pembelajaran untuk memecahkan masalah pembelajaran. Suatu inovasi yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan mutu proses dan hasil belajar siswa. Melalui lomba ini, karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dimanfaatkan menjadi rujukan bagi guru SMP dalam peningkatan mutu pembelajaran






Adpun Tema Lomba Inovasi Pembelajaran INOBEL Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016 adalah  “Inovasi Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Pintar, Terampil, dan Berkarakter”
Adapun  isi  karya  lomba  inovasi  pembelajaran  mengacu  pada  kurikulum  yang  berlaku  di  sekolah terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.

Pelaksanaan Lomba Inovasi Pembelajaran ( INOBEL)  guru SMP tahun 2016 ini dikelompokkan menjadi tiga bidang, yaitu:

1.  Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Untuk bidang ini menggunakan kode MIPA.

2.  Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa, PPKn, dan Muatan Lokal (Mulok). Untuk bidang ini menggunakan kode IPSB.

3.  Guru mata  pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya, Prakarya,  Pendidikan  Agama,  dan  Bimbingan  Konseling  (BK).  Untuk  bidang  ini  menggunakan  kode SORAK.


Adapun Persyaratan peserta Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016:
a.  memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);

b.  melampirkan surat tugas mengikuti lomba dari atasan langsung dan diketahui oleh dinas pendidikan kabupaten/kota sebagai tembusan;

c.  melampirkan biodata sesuai dengan format terlampir;

d.  memiliki  kualifikasi  akademik  minimal  Sarjana  (S1)  atau  Diploma  4  (D-IV)  dengan  melampirkan fotokopi ijazah dan dilegalisasi oleh atasan;

e.  melampirkan surat keterangan sehat dari dokter;

f.  melampirkan  surat  pernyataan  belum  pernah  menjadi  peringkat  satu,  dua,  dan  tiga   pada  Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional pada tahun 2013, 2014, dan 2015 (lihat lampiran 3).

g.  melampirkan  surat  pernyataan  bahwa  karya  inovasi  pembelajaran  tersebut  telah  didiseminasikan pada teman sejawat yang diketahui oleh kepala sekolah.

h.  tidak sedang tugas belajar yang dibiayai Pemerintah (lihat lampiran 3).

Persyaratan Karya dalam Lomba Inovasi Pembelajaran INOBEL Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016
Karya yang diikutsertakan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran
a.  bersifat individual,
b.  satu karya,
c.  orisinal,
d.  telah  diimplementasikan  pada  proses  pembelajaran  dan  sudah  ada  hasilnya  maksimal  tiga  tahun terakhir, dan
e.  belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional.
Tiga  persyaratan  (c,  d,  dan  e)  tersebut  dinyatakan  dengan  surat  pernyataan  dan  ditandatangani  yang bersangkutan di atas lembar bermeterai Rp 6000,00 (lihat lampiran 3).

Persyaratan Naskah dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016

1.  Naskah  diketik  mengikuti  teknik  dan  sistematika  penulisan  yang  ditentukan  dalam  Pedoman
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016.
2.  Karya  inovasi  pembelajaran  yang  dikirim  berupa  naskah  atau  dokumen  tertulis  dalam  bentuk hardcopy  dan  softcopy  dalam  CD/DVD/flashdisk,  serta  melalui  pos-el  (e-mail)  dengan  alamat inobelsmp2016@gmail.com

LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMP TAHUN 2016 


Seleksi dan Penilaian
1.  Ketentuan Seleksi dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016
Untuk  Lomba   Inovasi  Pembelajaran  Guru  SMP  Tingkat  Nasional  Tahun  2016,  teknik  seleksi dilakukan melalui empat tahap, yaitu:
a.  Tahap I 
Pada tahap I dilakukan seleksi dengan cara menilai aspek-aspek: 6
1)  Kelengkapan  dokumen  dan  keaslian  naskah,  serta  kesesuaian  karya  inovasi  pembelajaran dengan  pedoman  merupakan  persyaratan  utama.  Penilaian  dilakukan  oleh  Direktorat 
Pembinaan Guru Pendidikan Dasar dengan menggunakan instrumen 1.
2) Kesesuaian jadwal pengiriman dokumen.
b.  Tahap II
Pada tahap II dilakukan penilaian esensi karya inovasi pembelajaran oleh dewan juri. 
Hasil dari Seleksi Tahap II memilih 34 peserta dari masing-masing bidang lomba (total 102 untuk tiga kelompok bidang lomba) yang diundang ke tingkat nasional dengan menggunakan instrumen 2. 
c.  Tahap III, 
Pada tahap III, peserta yang lolos seleksi tahap II sebanyak 34 peserta dari masing-masing bidang  lomba  (total  102  untuk  tiga  bidang  lomba)  melakukan  pameran  atau  display  karya  inovasi
pembelajarannya.  Pada  tahap  III  dilakukan  penilaian  tampilan  karya  inovasi  pembelajaran  yang  dilakukan untuk menentukan 10 finalis dari tiap bidang lomba dengan menggunakan instrumen 3. 
d.  Tahap IV,
Sepuluh  finalis  dari  setiap  bidang  lomba  (total  30  finalis)  mempresentasikan  karyanya  di  depan forum terbuka yang dinilai oleh juri dengan menggunakan instrumen 4.

Aspek yang Dinilai Karya inovasi pembelajaran akan dinilai berdasarkan aspek-aspek berikut.
1) Asli: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan merupakan hasil pemikiran/karya sendiri bukan plagiat.
2) Spesifik: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan memiliki kekhususan yang menarik untuk diaplikasikan dalam pembelajaran.
3) Unik: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan memiliki nilai-nilai kekhususan dan keistimewaan tersendiri.
4) Inovatif: Karya inovasi yang dibuat mengandung unsur kebaruan.
5) Sistematis: tata urut karya inovasi pembelajaran yang diusulkan sesuai dengan ketentuan pada pedoman.
6) Aplikatif: karya inovasi pembelajaran diusulkan, mudah diterapkan, digunakan, dan dikembangkan oleh pengguna.
7) Inspiratif: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan mampu mengilhami pengguna untuk melakukan pembaharuan dalam pembelajaran;
8) Bermakna: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan bermanfaat untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran.

Sistematika Penulisan Naskah Penulisan naskah karya yang diikutkan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016 harus menggunakan sistematika sebagai berikut.

SAMPUL NASKAH
HALAMAN JUDUL
SURAT PERNYATAAN LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
ABSTRAK
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR/FOTO
DAFTAR LAMPIRAN

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat

BAB II LANDASAN TEORI 
Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran

BAB III KARYA INOVASI PEMBELAJARAN
A. Ide Dasar
B. Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran 
C. Proses Penemuan/Pembaharuan 
D. Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran
E. Data Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran
F. Analisis Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran
G. Diseminasi

BAB IV PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

Dokumen Inovasi Pembelajaran INOBEL Guru SMP Tahun 2016 dapat dikirim ke:

Panitia Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tingkat Nasional Tahun 2016 Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gedung D Lt. 15 Jalan Jenderal Sudirman Senayan Jakarta Kode Pos 10270 Pos-el (E-mail): inobelsmp2016@gmail.com


DOWNLOAD PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMP TAHUN 2016 (Klik disini)





BACA INFORMASI PENTING LAINNYA

*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post