Guru
sebagai pendidik dan pengajar mengemban tugas utama mendidik, mengajar,
membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik
termasuk peserta didik di sekolah menengah pertama (SMP). Agar guru SMP dapat
melaksanakan tugasnya secara optimum, maka guru SMP wajib melakukan inovasi
pembelajaran dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang berdampak positif
terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional. Upaya peningkatan mutu
pendidikan di SMP dapat dilaksanakan melalui berbagai cara. Salah satu di
antaranya yaitu melalui lomba inovasi pembelajaran (Inobel) bagi guru SMP.
Pelaksanaan
lomba inovasi pembelajaran (Inobel) bagi guru SMP tersebut merupakan ajang kompetisi inovasi
pembelajaran bagi guru SMP, baik dalam hal pendekatan, model, metode, strategi,
dan media pembelajaran untuk memecahkan masalah pembelajaran. Suatu inovasi
yang dapat membantu memecahkan permasalahan pembelajaran diharapkan dapat
meningkatkan mutu proses dan hasil belajar siswa. Melalui lomba ini,
karya-karya inovasi pembelajaran yang terpilih dapat dimanfaatkan menjadi rujukan
bagi guru SMP dalam peningkatan mutu pembelajaran
Adpun
Tema Lomba Inovasi Pembelajaran INOBEL Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016
adalah “Inovasi Pembelajaran sebagai
Upaya Mewujudkan Indonesia Pintar, Terampil, dan Berkarakter”
Adapun isi karya lomba inovasi pembelajaran mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.
Adapun isi karya lomba inovasi pembelajaran mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.
Pelaksanaan
Lomba Inovasi Pembelajaran ( INOBEL)
guru SMP tahun 2016 ini dikelompokkan menjadi tiga bidang, yaitu:
1. Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Untuk bidang ini menggunakan kode MIPA.
2. Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa, PPKn, dan Muatan Lokal (Mulok). Untuk bidang ini menggunakan kode IPSB.
3. Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya, Prakarya, Pendidikan Agama, dan Bimbingan Konseling (BK). Untuk bidang ini menggunakan kode SORAK.
Adapun
Persyaratan peserta Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun
2016:
a.
memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
b.
melampirkan surat tugas mengikuti lomba dari atasan langsung dan diketahui oleh
dinas pendidikan kabupaten/kota sebagai tembusan;
c.
melampirkan biodata sesuai dengan format terlampir;
d.
memiliki kualifikasi akademik minimal Sarjana
(S1) atau Diploma 4 (D-IV) dengan
melampirkan fotokopi ijazah dan dilegalisasi oleh atasan;
e.
melampirkan surat keterangan sehat dari dokter;
f.
melampirkan surat pernyataan belum pernah
menjadi peringkat satu, dua, dan tiga
pada Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional pada tahun
2013, 2014, dan 2015 (lihat lampiran 3).
g.
melampirkan surat pernyataan bahwa karya
inovasi pembelajaran tersebut telah didiseminasikan
pada teman sejawat yang diketahui oleh kepala sekolah.
h.
tidak sedang tugas belajar yang dibiayai Pemerintah (lihat lampiran 3).
Persyaratan Karya dalam Lomba Inovasi Pembelajaran INOBEL Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016
Karya
yang diikutsertakan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran
a. bersifat individual,
a. bersifat individual,
b.
satu karya,
c.
orisinal,
d.
telah diimplementasikan pada proses pembelajaran
dan sudah ada hasilnya maksimal tiga tahun
terakhir, dan
e.
belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun
internasional.
Tiga
persyaratan (c, d, dan e) tersebut
dinyatakan dengan surat pernyataan dan ditandatangani
yang bersangkutan di atas lembar bermeterai Rp 6000,00 (lihat lampiran 3).
Persyaratan Naskah dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016
1.
Naskah diketik mengikuti teknik dan
sistematika penulisan yang ditentukan dalam
Pedoman
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016.
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016.
2.
Karya inovasi pembelajaran yang dikirim
berupa naskah atau dokumen tertulis dalam
bentuk hardcopy dan softcopy dalam
CD/DVD/flashdisk, serta melalui pos-el (e-mail)
dengan alamat inobelsmp2016@gmail.com
LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMP TAHUN 2016 |
Seleksi dan Penilaian
1.
Ketentuan Seleksi dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional
Tahun 2016
Untuk
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP
Tingkat Nasional Tahun 2016, teknik seleksi dilakukan
melalui empat tahap, yaitu:
a.
Tahap I
Pada
tahap I dilakukan seleksi dengan cara menilai aspek-aspek: 6
1)
Kelengkapan dokumen dan keaslian naskah,
serta kesesuaian karya inovasi pembelajaran dengan
pedoman merupakan persyaratan utama. Penilaian
dilakukan oleh Direktorat
Pembinaan
Guru Pendidikan Dasar dengan menggunakan instrumen 1.
2) Kesesuaian jadwal pengiriman dokumen.
2) Kesesuaian jadwal pengiriman dokumen.
b.
Tahap II
Pada
tahap II dilakukan penilaian esensi karya inovasi pembelajaran oleh dewan juri.
Hasil
dari Seleksi Tahap II memilih 34 peserta dari masing-masing bidang lomba (total
102 untuk tiga kelompok bidang lomba) yang diundang ke tingkat nasional
dengan menggunakan instrumen 2.
c.
Tahap III,
Pada
tahap III, peserta yang lolos seleksi tahap II sebanyak 34 peserta dari
masing-masing bidang lomba (total 102 untuk
tiga bidang lomba) melakukan pameran atau
display karya inovasi
pembelajarannya. Pada tahap III dilakukan penilaian tampilan karya inovasi pembelajaran yang dilakukan untuk menentukan 10 finalis dari tiap bidang lomba dengan menggunakan instrumen 3.
pembelajarannya. Pada tahap III dilakukan penilaian tampilan karya inovasi pembelajaran yang dilakukan untuk menentukan 10 finalis dari tiap bidang lomba dengan menggunakan instrumen 3.
d.
Tahap IV,
Sepuluh
finalis dari setiap bidang lomba (total
30 finalis) mempresentasikan karyanya di depan
forum terbuka yang dinilai oleh juri dengan menggunakan instrumen 4.
Aspek
yang Dinilai Karya inovasi pembelajaran akan dinilai berdasarkan aspek-aspek
berikut.
1)
Asli: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan merupakan hasil pemikiran/karya
sendiri bukan plagiat.
2)
Spesifik: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan memiliki kekhususan yang
menarik untuk diaplikasikan dalam pembelajaran.
3)
Unik: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan memiliki nilai-nilai kekhususan
dan keistimewaan tersendiri.
4)
Inovatif: Karya inovasi yang dibuat mengandung unsur kebaruan.
5)
Sistematis: tata urut karya inovasi pembelajaran yang diusulkan sesuai dengan
ketentuan pada pedoman.
6)
Aplikatif: karya inovasi pembelajaran diusulkan, mudah diterapkan, digunakan,
dan dikembangkan oleh pengguna.
7)
Inspiratif: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan mampu mengilhami pengguna
untuk melakukan pembaharuan dalam pembelajaran;
8)
Bermakna: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan bermanfaat untuk mendukung
peningkatan mutu pembelajaran.
Sistematika
Penulisan Naskah Penulisan naskah karya yang diikutkan dalam Lomba Inovasi
Pembelajaran Bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016 harus menggunakan
sistematika sebagai berikut.
SAMPUL
NASKAH
HALAMAN
JUDUL
SURAT
PERNYATAAN LEMBAR PENGESAHAN
KATA
PENGANTAR
ABSTRAK
DAFTAR
ISI
DAFTAR
TABEL
DAFTAR
GAMBAR/FOTO
DAFTAR
LAMPIRAN
BAB
I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Rumusan Masalah
C.
Tujuan
D.
Manfaat
BAB
II LANDASAN TEORI
Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran
Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran
BAB
III KARYA INOVASI PEMBELAJARAN
A.
Ide Dasar
B.
Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran
C. Proses Penemuan/Pembaharuan
D. Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran
C. Proses Penemuan/Pembaharuan
D. Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran
E.
Data Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran
F.
Analisis Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran
G.
Diseminasi
BAB
IV PENUTUP
A.
Simpulan
B.
Saran
DAFTAR
PUSTAKA
LAMPIRAN
Dokumen
Inovasi Pembelajaran INOBEL Guru SMP Tahun 2016 dapat dikirim ke:
Panitia
Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tingkat
Nasional Tahun 2016 Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Kompleks Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Gedung D Lt. 15 Jalan Jenderal Sudirman Senayan
Jakarta Kode Pos 10270 Pos-el (E-mail): inobelsmp2016@gmail.com
DOWNLOAD
PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU SMP TAHUN 2016 (Klik disini)