JAWABAN DALAM SEBUAH UJIAN MATEMATIKA TERDAPAT 30 SOAL. JAWABAN BENAR BERNILAI 3, JAWABAN SALAH BERNILAI -2, DAN TIDAK DIJAWAB BERNILAI -1. DODI MENJAWAB SOAL BENAR 5 KALI DARI SOAL SALAH, DAN SOAL YANG TIDAK DIJAWAB ADALAH SOAL NOMOR 20 DAN 26. BERAPA JUMLAH NILAI YANG DIDAPAT DODI?

  Jawaban pertanyaan Dalam sebuah ujian matematika terdapat 30 soal. Jawaban benar bernilai 3, jawaban salah bernilai -2, dan tidak dijawab bernilai -1. Dodi menjawab soal benar 5 kali dari soal salah, dan soal yang tidak dijawab adalah soal nomor 20 dan 26. Berapa jumlah nilai yang didapat Dodi

Jawaban pertanyaan Dalam sebuah ujian matematika terdapat 30 soal. Jawaban benar bernilai 3, jawaban salah bernilai -2, dan tidak dijawab bernilai -1. Dodi menjawab soal benar 5 kali dari soal salah, dan soal yang tidak dijawab adalah soal nomor 20 dan 26. Berapa jumlah nilai yang didapat Dodi? Sebelumnya perhatikan panduan berikut ini Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:
1. Pandulah anak memahami instruksi lisan dari tayangan program dengan cara meminta anak mengulanginya. orang tua juga perlu mengajukan pertanyaan- pertanyaan kepada anak tentang kata-kata yang belum dipahami, lalu membantu menjelaskannya. Setelah anak mengerti, mintalah anak untuk membuat kalimat dari kata-kata tersebut.
2. Khusus untuk instruksi/pertanyaan tertulis (dalam bentuk teks), mintalah anak membaca kembali instruksi tersebut.
3. Pandulah anak untuk menyampaikan pendapatnya dengan melakukan diskusi.
4. Perhatikan bagaimana susunan kalimat yang dibuat anak.
5. Bantu anak agar bisa menyampaikan gagasan dengan kalimat yang benar dan runut.
6. Orang tua diharapkan bisa mengarahkan anak agar bisa mengemukakan pendapatnya lewat diskusi. Mintalah anak menyampaikan gagasannya secara lisan. Jika memungkinkan, direkam.
7. Untuk tugas tertulis, bantulah anak menuliskan baris demi baris tugasnya.

Sebelum tayangan: Kurang lebih 10 menit sebelum program ditayangkan, orang tua mengajak anak duduk bersama dengan sikap rileks dan menjelaskan sekilas tentang lamanya tayangan dan aktivitas yang akan dilakukan dengan anak saat  dan/atau sesudah menyaksikan tayangan tersebut. Anak juga menyiapkan alat tulis

Berikut ini Jawaban pertanyaan dalam sebuah ujian matematika terdapat 30 soal. Jawaban benar bernilai 3, jawaban salah bernilai -2, dan tidak dijawab bernilai -1. Dodi menjawab soal benar 5 kali dari soal salah, dan soal yang tidak dijawab adalah soal nomor 20 dan 26. Berapa jumlah nilai yang didapat Dodi?


Diketahui :
Banyak soal matematika = 30 soal
Nilai jawaban benar = 3
Nilai jawaban salah = -2
Nilai tidak dijawab = -1
Banyak jawaban benar = 6 kali jawaban salah b = 6s
Yg tidak dijawab sebanyak = 2 soal.
Banyak soal yang dijawab = 30 - 2 = 28 soal b + s = 28
Ditanya ;
Jumlah nilai yang didapat Dodi?
Penyelesaian :
Misalkan : Menjawab benar = b
                 menjawab salah = s
Menentukan yg dijawab salah
Gantikan nilai b = 6 s ke dalam b + s = 28
b + s = 28
6s + s = 28
     7s = 28
       s = 28/7
       s = 4
Menentukan yg dijawab benar
b = 6s
b = 6 × 4
b = 24
Menentukan jumlah nilai yang didapat
(3 × 24) + (-2 × 4) + (-1 × 2)
= 72 - 8 - 2
= 62

Jadi jumlah nilai yang didapat Dodi adalah 62.

Berikut hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:
1. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.
2. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan.
3. Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan.
4. Pandulah anak untuk mengerjakan tugas tersebut.
5. Berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.


Terima kasih


=====================


*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post